Perlakuan Panas Terhadap Sifat Mekanik Logam Bukan Besi (Kuningan)
Abstract: Dalam disain
rekayasa, terkadang dituntut untuk mampu merekayasa sifat-sifat logam yang ada.
Hal ini dilakukan karena tuntutan disain itu sendiri ataupun karena
keterbatasan material yang ada. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui
pengaruh variasi waktu proses perlakuan panas terhadap kekuatan logam menerima
beban puntir dan penetrasi (kekerasan) logam kuningan. Logam yang telah
mengalami perlakuan panas, kemudian didinginkan dengan udara dan diambil
datanya. Hasilnya dibandingkan satu sama lainnya, terhadap logam yang tidak
mengalami perlakuan. Setelah diadakan pembahasan, ternyat, perlakuan panas
mengakibatkan: menurunkan tingkat kekerasan dan mengubah struktur logam serta
menambah kekuatan logam.
Penulis: Hendra, Sahat
Kuat Arus Dan Waktu Tekan Las TItik Terhadap Sifat Mekanis Baja SPCE
Abstract: Teknik pengelasan
dibutuhkan dalam penyambungan baja pada saat ini, seperti; konstruksi bangunan
dan konstruksi mesin. Salah satu permasalahan dalam proses mengelas umumnya
adalah terjadinya cacat sambungan. Secara khusus terjadi pada titik pengelasan
yang diakibatkan oleh kekuatan arus listrik dan lama penekanan elektroda maka,
riset ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana efek arus elektrik dan
waktu tekan terhadap karakteristik baja SPCE pada titik pengelasan. Dengan
riset ini, ditemukan berapa arus elektik dan waktu tekan yang diperlukan untuk
menghasilkan las yang kuat dan sempurna. Dari hasil riset plat SPCE terhadap
perubahan kekuatan arus elektrik dan waktu tekan diperoleh efek ke garis tengah
manic sebab mempunyai masukan calor dan perubahan struktur mikro dari plat.
Garis tengah manic yang terbentuk lebih besar diperoleh dalam penelitian.
Penulis: Junaidi
Performansi Mesin Refrigerasi Kompresi uap Terhadap Massa Refrigeran Optimum Menggunakan Refrigeran Hidrokarbon
Penulis: Azridjal Aziz
Perhitungan Perencanaan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Area Painting Shop Pada Assembly Manufakturing
Abstract: Peningkatan
kebutuhan kendaraan bermotor terutama sepeda motor saat ini sangat tinggi. Hal
ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya jenis dan keluaran terbaru dari
sepeda motor baik produk buatan Jepang maupun produk China. Kebutuhan akan
kendaraan bermotor ini disebabkan oleh biaya transportasi yang harus
dikeluarkan lebih besar dibanding dengan menggunakan kendaraan bermotor. Harga
kendraaan bermotor saat ini bervariasi, ada kendaraan bermotor dengan harga
murah taupun mahal. Kendaraan bermotor yang murah biasanya memiliki kelemahan
pada suku cadang dan ketahanan motor. Untuk bisa bersaing merebut pangsa pasar
perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang perakitan kendaraan bermotor
berusaha mencari alternative agar produk mereka diminati dengan harga yang
terjangkau oleh konsumen. Misalnya dengan melakukan promosi besar-besaran baik
melalui media cetak maupun media informasi lain. Atau merancang dan menganalisa
kegiatan pada area perakitan seperti area painting shop, plating shop. Untuk
memenuhi hal tersebut perlu dirancang dan dihitung ulang hal-hal yang
berhubungan dengan kegiatan pada area perakitan seperti kebutuhan clycle time,
jumlah jam operasi, line produksi dan lain-lain. Salah satu bagian penting dati
perakitan itu adalah area painting shop. Painting shop merupakan bagian yang
mengelola area pengecatan yang mana bagian ini memiliki standar-standar dan
melaui pemeriksaan sebelum kendaraan itu layak untuk dijual. Dari perhitungan
yang dilakukan diperoleh cycle time,
jumlah line produksi dan tenaga kerja yang dibutuhkan.
Penulis: Hernadewita, Hendra,
Feidihal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar